Sunday, February 7, 2010

Mengenal Tempat Semedi Soekarno di Istana Cipanas



Anwar Khumaini - detikNews | Kamis, 04/02/2010 08:54 WIB | Gedung Bentol, itulah nama gedung unik yang terletak di kompleks Istana Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. Selain bentuknya unik, Gedung Bentol pernah berfungsi sebagai tempat semedi Presiden Soekarno.

Disebut Gedung Bentol lantaran seluruh tembok luar bangunan itu dipenuhi dengan bentol-bentol yang dibuat dari semen yang dibentuk mirip batu-batuan.

Sang arsiteknya pun tidak main-main. Perancang bangunan ini adalah arsitek terkenal yang pernah membuat mahakarya bangunan megah di Indonesia, Masjid Istiqlal.

"Arsiteknya Silaban dan Sudarsono, yang juga menjadi arsitek Masjid Istiqlal," kata salah seorang pegawai Istana Cipanas, Kusnadi, Rabu (3/2/2010).

Kusnadi dengan detil menjelaskan bangunan yang cuma seluas 5O-an meter persegi ini. "Dulu bangunan ini dijadikan teempat semedi oleh Presiden Soekarno," kata Kusnadi.

Pantauan detikcom, Gedung Bentol tersebut dipenuhi oleh bentolan-bentolan semen berbentuk batu tipis yang ditempel di semua sisi luar tembok gedung tersebut.

Bangunan yang tidak terlalu tinggi itu terletak di antara rerimbunan pohon hutan lindung kawasan Istana Cipanas. Di belakangnya, tampak jalan aspal kecil yang menghubungkan bangunan satu dengan bangunan lainnya di Istana Cipanas.

Di dalam bangunan yang lebih mirip rumah itu, terpajang sebuah meja kerja panjang membentuk huruf L. Di atasnya terdapat dua bingkai foto, salah satu di antaranya adalah foto Presiden SBY yang tampak sedang menulis. Tak jauh dari meja, tampak sebuah kursi kecil serta tempat tidur sederhana lengkap dengan seprei yang terpasang rapi.

Sebuah lukisan batik membentuk persegi panjang juga mempercantik ruangan
Gedung Bentol yang dibangun sekitar tahun 1957 tersebut. Apakah tempat ini juga dipakai untuk bersemedi oleh Presiden Soeharto atau pun SBY?

"Tidak, cuma Presiden Soekarno saja yang memakainya untuk semedi," jawab Kusnadi.

Di depan Gedung Bentol, terhampar padang rumput yang luas menghijau. Sementara di sampingnya tampak jurang menganga yang cukup terjal. Tak jauh dari gedung itu, tampak sebuah bangunan yang dimanfaatkan untuk memajang tanaman-tanaman hias yang didominasi oleh kaktus.

"Presiden Soekarno sering mencari inspirasi dan meditasi di ruangan ini," ungkap Kusnadi sembari menunjuk Gedung Bentol.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...