Friday, August 26, 2011

Khadafi Digulingkan Karena Pertahankan Kekuasaan Dengan Intimidasi


www.AstroDigi.com

Inilah.com | Jumat, 26 Ags 2011 | Pemimpin Libya Muammar Khadafi mengerti bagaimana cara menguasai rakyatnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Ia membiayai kelompok-kelompok bersenjata.

Penolakan Khadafi untuk turun jabatan, tak mengherankan. Begitu pula laporan ia menggunakan kekerasan dan membuat pasukan yang masih setia padanya untuk terus bertempur melawan pemberontak. Meski Ibukota Tripoli sudah hampir lepas dari genggamannya.

www.AstroDigi.com


Untuk memastikan kepemimpinan tunggalnya, pria berpangkat kolonel ini telah lama membina ‘kekerasan’ di dalam dan di luar negeri. Ia mendanai kelompok-kelompok bersenjata seperti Irish Republican Army (IRA), Red Army Faction di Eropa dan gerilyawan Afrika.

www.AstroDigi.com


Pemerintah Libya pun dikaitkan atas sejumlah serangan teroris. Salah satu yang terbesar adalah peledakan pesawat Pan Am flight 103 saat sedang terbang di Lockerbie, Skotlandia, pada 1988. Nama Khadafi pun langsung mendunia.

Media NY Times menyatakan, Khadafi meneror dan mengintimidasi rakyat Libya dengan gelombang kekerasan setidaknya setiap satu dekade sekali.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...