Sunday, August 5, 2012

Universitas Gadjah Mada, Terpilih Sebagai Perguruan Tinggi Terbaik


www.AstroDigi.com

VIVAnews | Kamis, 2 Ags 2012 | Universitas Gadjah Mada menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics periode Juli 2012. Selain itu, UGM menduduki urutan 9 di daftar perguruan tinggi terbaik di kawasan ASEAN.

Berdasarkan data dari laman Webometrics, Kamis 2 Agustus 2012, di bawah UGM, bertengger Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Teknologi Surabaya.

Selain itu, urutan kampus terbaik di Indonesia dalam 10 besar ditempati oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gunadarma, Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.

www.AstroDigi.com


Kriteria penilaian Webometrics ini menggunakan empat penilaian yakni Presence atau volume konten global yang terindeks Google. Kemudian Impact, yakni penilaian berdasarkan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs.

www.AstroDigi.com


Penilaian selanjutnya didasarkan pada Openness, yakni jumlah rich file (pdf, doc, docs, dan ppt) yang terindeks di google scholar. Dan penilaian terakhir dengan menggunakan metode Excellence, yaitu karya akademik yang dipublikasikan di jurnal international yang tergolong high-impact dengan sumber datanya diambil dari Scimago.

www.AstroDigi.com


Evaluasi pada masing-masing parameter menunjukkan bahwa Perguruan Tinggi di Indonesia masih sangat lemah untuk parameter Presence. Peringkat tertinggi untuk jumlah karya ilmiah yang masuk database Scimago adalah Universitas Indonesia yang menempati peringkat dunia ke-1730, disusul oleh ITB dan UGM yang peringkat dunianya hanya menempati posisi 1871 dan 1999.

Kondisi tersebut menunjukkan bahwa perguruan tinggi di Indonesia masih tergolong rendah dalam publikasi di Jurnal International, terutama pada jurnal international yang high-impact atau banyak dirujuk pada karya ilmiah lain.

Sementara itu, perguruan tinggi terbaik di dunia versi Webometrics ditempati oleh Harvard University, dan diikuti oleh Massachusetts Institute of Technology, Stanford University, University of California Berkeley, Cornell University, University of Minnesota, University of Pennsylvania, University of Wisconsin Madison, University of Illinois Urbana Champaign, dan Michigan State University.

www.AstroDigi.com (Nino Guevara Ruwano)

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...